Lapisan - Lapisan Atmosfer




Bumi kita ini dikelilingi oleh pembungkus gas yang tipis dan bening, pembungkus ini dinamakan dengan atmosfer. Atmosfer merupakan pelindung yang berguna bagi manusia dan makhluk hidup lainnya yang ada di Bumi, dari sengatan sinar matahari yang dapat memberikan efek menghanguskan dalam membakar semua kehidupan di siang hari.

Atmosfer memiliki beberapa lapisan, lapisan atmosfer tersebut  terdiri dari :

1. Troposfer
Lapisan ini berada di ketinggian 6 – 16 km di atas bumi. Troposfer  ini mengandung 90 % dari seluruh udara, semua kehidupan dan semua bentuk cuaca terdapat di lapisan ini.

2. Stratosfer
Di lapisan ini angin yang sangat dingin bertiup kencang pada bagian paling bawahnya, tetapi udara di atasnya tenang, sehingga ada pesawat yang melintasinya.

3. Ionosfer
Lapisan ini disebut lapisan atmosfer paling luar, di dalamnya terdapat ruang hampa udara. Di Ionosfer udara menjadi sangat tipis. Ionosfer memungkinkan adanya hubungan radio gelombang panjang dengan memantulkan  isyarat-isyarat radio ke Bumi.

4. Exsosfer
Eksosfer adalah daerah atmosfer antara “lautan udara” kita dengan kekosongan ruang angkasa.


Itulah lapisan-lapisan atmosfer yang selain dapat melindungi makhluk hidup yang ada di Bumi dari sengatan mataharai, juga dapat melindungi bumi dari bebatuan dari luar angkasa atau meteor yang jatuh ke bumi. Karena sebelum meteor jatuh ke Bumi, meteor tersebut akan terbakar di atmosfer dan akhirnya ukurannya semakin kecil, lalu akhirnya hancur. Namun apabila ukuran meteornya besar, mungkin masih bisa menghantam Bumi. 


Namun sangat disayangkan atmosfer Bumi semakin lama semakin tipis, karena polusi udara akibat kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan. Tetapi sekarang para ilmuan sedang membuat  inovasi – inovasi untuk menjaga  kesehatan Bumi kita, seperti menciptakan transportasi ramah lingkungan contohnya mobil listrik, yang bebas dari gas buang yang dapat mengakibatkan polusi udara.

Untuk itu maka kita harus mendukung kegiatan untuk menjaga Bumi kita ini, GO GREEN !!! 

0 komentar:

Posting Komentar

Di blog ini Anda bisa mendapatkan informasi dan artikel-artikel yang mudah-mudahan bisa membantu bagi Anda. Blog ini menggunanakan pemendek alamat/link tunggu hingga 5-10 detik lalu klik 'LEWATI'. TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG.
 
Copyright 2016 | Ilmu di DuMay (Dunia Maya) All rights reserved.