Pengertian Lingkungan Hidup



Pengertian lingkungan hidup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI, Lingkungan : wilayah, daerah, atau kawasan. Sedangkan Hidup : Bernafas, bergerak, tumbuh dan berkembang, atau bernyawa. 


Jadi dapat disimpulkan pengertian lingkungan hidup adalah daerah atau kawasan dimana makhluk hidup berada, seperti manusia, tumbuhan, dan hewan. Serta segala sesuatu yang dapat mempengaruhi keberadaan makhluk hidup tersebut baik langsung maupun tidak langsung.

Sedangkan pengertian lingkungan hidup   menurut Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1997 : Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi keberadaan makhluk hidup diantaranya :
1. Udara
2. Air
3. Tanah
4. Matahari
5. Makanan
6. Perilaku manusia
7. Angin (Angin berbeda dengan Udara, bila udara itu oksigen yang bergerak perlahan ataupun diam di suatu tempat sedangkan angin yaitu udara yang bergerak cukup cepat dari satu tempat ke tempat lain)

Adapun pengaruh lingkungan terhadap aspek-aspek kehidupan manusia diantaranya :

1. Aspek keilmuan / intelektualitas
2. Aspek Ekonomi
3. Aspek Politik
4. Aspek sosial budaya

0 komentar:

Posting Komentar

Di blog ini Anda bisa mendapatkan informasi dan artikel-artikel yang mudah-mudahan bisa membantu bagi Anda. Blog ini menggunanakan pemendek alamat/link tunggu hingga 5-10 detik lalu klik 'LEWATI'. TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG.
 
Copyright 2016 | Ilmu di DuMay (Dunia Maya) All rights reserved.