Pengertian dari LAN, MAN, WAN


Pengertian dari LAN, MAN, dan WAN

Assalamualaikum WR. WB. Kali ini saya akan membahas tentang LAN, MAN, dan WAN. Bagi yang belum mengetahui apa sih LAN, MAN, WAN itu? Selamat membaca.

Jaringan komputer, yaitu sekumpulan komputer beserta perangkat-perangkat lainnya sebagai pembantu yang saling terhubung satu sama lain, apabila jumlah komputer kurang dari dua atau hanya satu, bisa dikatakan itu bukan sebuah jaringan.

Perangkat-perangkat jaringan, antara lain LAN card, Kabel LAN, HUB, Switch, repeater, router, modem, bridge dan lain-lain

Berdasarkan skala jaringan komputer terdiri dari LAN, MAN, dan WAN. Nah, kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagi yang belum mengetahui apa sih, LAN, MAN, WAN itu dan apa kepanjangannya. Silahkan, selamat membaca.

LAN (Local Area Network)
Pengertian : Yaitu jaringan komputer yang terdiri dari dua komputer atau lebih, dalam suatu area tertentu. Contohnya : Jaringan dalam satu rumah, ruangan, kantor, pertokoan, warnet, dan lain-lain.

MAN (Metropolitan Area Network)
Pengertian : Yaitu merupakan suatu jaringan yang terdapat pada satu kota, dengan kecepatan transfer data tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi. Seperti : Kampus, perkantoran, dll.

WAN (Wide Area Network)
Pengertian : Yaitu suatu jaringan yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan anatar Wilayah, antar Kota, bahkan antar Negara.

Demikian tentang pengertian LAN, MAN, dan WAN, semoga bermanfaat bagi yang belum memahaminya. Teruslah berusaha mencari ilmu sebanyak mungkin, karena dengan ilmu kita bisa menjadi orang sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Di blog ini Anda bisa mendapatkan informasi dan artikel-artikel yang mudah-mudahan bisa membantu bagi Anda. Blog ini menggunanakan pemendek alamat/link tunggu hingga 5-10 detik lalu klik 'LEWATI'. TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG.
 
Copyright 2016 | Ilmu di DuMay (Dunia Maya) All rights reserved.