Perbedaan Antara Website Dan Blog

PERBEDAAN ANTARA WEBSITE DAN BLOG
Assalamu’alaikum WR. WB. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang perbedaan antara website dengan blog. Banyak orang yang sering bingung untuk membedakan antara website dan blog. Secara sekilas memang antara website dan blog itu hampir sama, blog juga termasuk website. Namun website dan blog juga terdapat perbedaan-perbedaannya seperti di bawah ini:
Perbedaannya itu antara lain sebagai berikut :
1.    Postingan/artikel/berita
Maksudnya kalau di blog, artikel/postingan akan ditampilkan berdasarkan wktu kejadian (hari/tanggal). Postingan yang terbaru akan ditampilkan di atas disusul postingan yang agak lama selanjutnya terus menerus sampai yang paling lama. Hal itu karena warisan aspek jurnalistik/jurnal yang merupakan diary online. Diary mempunyai isi yang didasarkan pada tanggal, begitu juga dengan blog.

2.    Blog itu ‘lebih’ dari website
Blog itu perasaan, hobi, motivasi, dan keinginan. Blog itu catatan, blog itu menulis dengan belagak bagaikan jurnalis. Blog itu mudah sehingga sering di up-date. Blog itu interaksi karena diskusi. Dan blog itu alat komunikasi atau pun informasi yang natural. Blog itu sumber informasi yang terpercaya.

3.   Konten
Permasalahan yang dialami oleh pengguna website normal adalah mereka sulit dalam penambahan konten. Walaupun saat ini website sudah berkembang dari statis menjadi dinamis dengan system CMS (Content Management Sistem) yang canggih seperti Joomla, PHP Nuke, Mamboo, CMS buatan sendiri, dan masih buaaanyaaaak lagi bagi newbie, pembuatan website masih diluar jangkauan mereka.
Berbeda dengan blog, pengguna telah dimanjakan dengan system layout, publikasi, dan system konfigurasi yang mudah dalam penggunaannya. Dengan sering berlatih mereka dapat dengan mudah mempublikasikan konten ke dunia WWW, menambahkan menu dan komponen blog lainnya.

4.  Terdapat Komentar
Bagian yang sangat penting yang tidak dimiliki website normal adalah pada bagian komentar.
Postingan yang terdapat di blog selalu memiliki tempat untuk menulis komentar yang juga akan ditampilkan di akhir postingan tersebut. Ini memberikan kesan bahwa ngeblog tidak hanya sekedar menulis dan mempublikasikannya tetapi mempunyai daya fungsi diskusi dua arah di mana sang pembaca akan meninggalkan komentar mereka dan sang penulis juaga akan bisa membalasnya sehingga lama-kelamaan akan menjadikan sebuah komunitas diskusi yang sangat besar.

5.   Dapat menghasilkan uang
Seseorang yang hanya bermodalkan sebuah semangat, hobi, atau pun keahlian tertentu, dan termotivasi untuk menulis konten yang berkualitas (mikir sendiri, unik, tidak asal tulis, dan bermanfaat), menari-narikan jari jemari diatas keyboard, menggoyang-goyangkan otak demi sebuah cerita, mencelingak-celingukan kepala demi beberapa pembaca akan dapat menarik pengunjung. Berarti apabila pengunjung sudah banyak,maka blog monetize milik kita, dan imbasnya kita dapat menjadi blogger professional, aamiin.
Sekian sedikit dari saya, semoga para blogger terus memposting postingan yang bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan informasi, terus semangat. Wassalamu’alaikum WR. WB.

http://pandu-firdaus.mywapblog.com/perbedaan-antara-website-dan-blog.xhtml

0 komentar:

Posting Komentar

Di blog ini Anda bisa mendapatkan informasi dan artikel-artikel yang mudah-mudahan bisa membantu bagi Anda. Blog ini menggunanakan pemendek alamat/link tunggu hingga 5-10 detik lalu klik 'LEWATI'. TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG.
 
Copyright 2016 | Ilmu di DuMay (Dunia Maya) All rights reserved.