Helm (Pelindung kepala)

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Apa kabar semuanya? Baik ya, OK pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai benda yang sering digunakan untuk melindungi kepala yaitu helm. Mungkin kita sudah tidak asing dengan benda yang satu ini.


Helm memang sudah banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari, terutama pada saat mengendarai sepeda motor karena dengan menggunakan helm, helm yang kita pakai bisa melindungi kita ketika terjadi kecelakaan dan terbentur dengan benda lain yang keras. Ada banyak produk dan merk helm yang berkualitas beredar di pasaran, dan juga sudah standar SNI, berikut ini beberapa jenis helm yang sering digunakan.


1.    Helm Cetok / Helm Batok


Sekilas helm ini sangat mirip dengan helm yang digunakan oleh para pekerja di konstruksi bangunan, namun dengan warna yang lebih beragam. Helm yang dirancang untuk memudahkan penglihatan pengendara sepeda atau sepeda motor ini, kini sudah dilarang dipergunakan untuk dipakai mengendarai sepeda motor. Hal itu karena dari sisi keamanannya yang sangat minim. Helm ini hanya melindungi bagian atas kepala saja dan membiarkan bagian lain dari kepala Anda tetap terbuka (telinga, dagu, dan wajah).




2.    Helm Open / Half Face




Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa helm jenis ini membiarkan bagian wajah atau kepala depan terbuka. Sedikit modifikasi saja dari helm cetok, dengan menambah panjang tutup bagiang belakang kepala. Meskipun dari segi kemanan helm ini lebih aman daripada helm cetok, namun sebaiknya hindari untuk perjalanan jauh yang beresiko tinggi.



3.        Helm ¾


Helm ¾ ini adalah hasil modifikasi tingkat lanjut dari helm half face. Jika pada helm open / half face
membiarkan bagian wajah terbuka, tidak pada helm jenis ini. Helm ini telah dilengkapi dengan penutup pada
bagian wajah, yang biasanya berwarna bening hingga gelap.

4. Helm Full Face


Helm ini awalnya populer digunakan oleh para pembalap, karena melindungi seluruh bagian kepala termasuk dagu/rahang bawah. Namun, seiring dengan perkembangan trend, helm ini mulai diminati kalangan umum karena telah mengalami banyak modifikasi warna ataupun corak.
Helm-helm di atas merupakan helm yang boleh atau sering digunakan, dan sekarang helm sudah beragam bentuk dan tambahan aksesoris lainnya yang membuat helm lebih menarik dan aman dari benturan.

0 komentar:

Posting Komentar

Di blog ini Anda bisa mendapatkan informasi dan artikel-artikel yang mudah-mudahan bisa membantu bagi Anda. Blog ini menggunanakan pemendek alamat/link tunggu hingga 5-10 detik lalu klik 'LEWATI'. TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG.
 
Copyright 2016 | Ilmu di DuMay (Dunia Maya) All rights reserved.